Minggu, 13 Mei 2012

Quiz Hunter ... berminat?

Alhamdulillah segala puji bagi Allah, karena di postingan kali ini mau ngereview hadiah lagi ^^
tapi bukan bermaksud sombong atau tinggi hati, semoga bisa jadi inspirasi atau seenggaknya pengingat saya untuk selalu bersyukur ^^

berikut list hadiah yg sudah saya dapat (tapi sebelumnya ada juga postingan yg Gift List ^^)
tgl 21 Maret = hadiah tiket seminar Pak Jamilazzaini senilai 500 ribu dari @MotivaTweet
tgl 25 Maret = hadiah  pulsa sebesar 10 ribu dari lomba blog dari @PojokTweet
tgl 26 Maret = hadiah tas gaya cantik dari @joybutik1
tgl 26 Maret = hadiah setrika philip dari lomba survey toko #kelinciMas dari @Vive_VL
tgl 5 April = hadiah voucher 50 ribu tas ciciero dari @@VemaleDotCom
tgl 5 April = hadiah snack Yuniknak dari @Yuniknak
tgl 6 April = hadiah 2 tiket nonton Rec3 di Blitz GI adri @movigoersID
tgl 7 April = hadiah 2 tiket konser Sum41 dari @onyitKawanku
tgl 9 April = hadiah 2 tiket nonton Battleship di EX Plaza dari @anaknonton
tgl 11 April = hadiah gimmick tas dari @bankocbcNisp
tgl 13 April = hadiah 1 paket coklat roso dari @cokelatroso
tgl 18 April = hadiah 2 tiket launching jam Guess di PIM dari @CosmoGirl_IND
tgl 19 April = hadiah voucher belanja 150 ribu di Hypermart dari @biifriends
tgl 2 May = hadiah pulsa 10 ribu dari @Aa_wiwitsyah
tgl 2 May = hadiah pulsa 5 ribu dari @mayangelina
tgl 3 May = hadiah 2 tiket nonton The Avenger di epicentrum dari @dell_indonesia
tgl 4 May = hadah 2 tiket nonton kidfest di Blitz GI dari @kidsfFest
tgl 7 May = hadiah merchandise dari @DaihatsuInd
tgl 7 May = hadiah 1 porsi makan di Chef yang Daan Mogot dari @Chefyang_bistro
tgl 11 May = hadiah undangan peluncuran 30 tahun jam guess di Senayan City dari @CosmoIndonesia
tgl 11 May = hadiah pulsa 50 ribu dari @DavidJSitanala
tgl 13 May = hadiah voucher belanja 200 ribu dari @biifriends


sekian ... update-an selanjutnya menyusul ... untuk yang mau tanya-tanya, silakan follow my twitter di @nayapanda ... atau di FB saya ^^ senang membantu kalau berminat ingin jadi Quiz Hunter juga .. ^^

See yaa~




Kamis, 10 Mei 2012

review the avenger

THE AVENGER 3D

yeay ... akhirnya kesampaian juga nonton The Avenger *dg versi 3D* tgl 5 mei lalu.
lagi lagi karena tiket gretongan dari twitter. *muachmuach*


Film Avenger ini gak salah kalo dibilang bagus bgt!
sisi jalan cerita, sisi effect, sisi karakter, sisi gambar dan segala aspek yg ada nyampur jadi satu.
di film ini, para superhero dengan keegoisannya masing-masing diperintahkan untuk berkumpul dan bersatu (menjadi The Avenger) melawan musuh besar, yaitu Loki.

Tapi paling suka tokoh Iron Man, dengan segala kesombongan yg intelek, 
kata-katanya ajaib banget!
mampu membuat para penonton jadi ngerasa ini film lelucon ^^
Tony Stark (Robert Downey) berhasil banget ngebawa unsur jenaka.
sedangkan yang lain kurang diberi porsi, seperti Captain America yang hanya  diulas sedikit tentang kehidupannya yang dimana dia pernah tertidur 'beku' selama 70 tahun, lalu porsi Hawkeye yang diawal terkena sihir dari Loki, Black Widow sebagai pihak yang oleh Loki pernah punya kisah kelam.

Sepertinya kisah sentral juga terletak pada Hulk, karena wujud manusia-nya Hulk alias dr. Banner awalnya gak mau berkumpul dalam The Avenger.
dia ingin menjalani hidupnya yang senormal mungkin, tapi berkat ajakan Black Widow (Scarlett Johanson) terpaksalah si dr. Banner ikut.


Kisah bermula dari sebuah kubus yang memiliki kekuatan super  dicuri oleh Loki, nah darisitu ceritanya berawal.

secara keseluruhan, aku paling suka adegan kalo dr. Banner berubah jadi Hulk!
ampe Loki aja takut, dan Loki dibilang "Kamu cuma dewa lemah"  kata Hulk.
dan itu bisa bikin seluruh penonton ketawa ngakak  :D
 
Dan serunya film ini, kapan lagi 6 superhero kumpul jadi satu. hihi
semacam paket lengkap lah yaa ..
dan kekurangannya menurutku sih kayak ga ada..
So, nunggu kapan lagi? ayoo ditontonn ^^




Rabu, 02 Mei 2012

Karakteristik Perkembangan Sosial Peserta Didik

Karateristik Perkembangan Sosial Peserta Didik

Pengertian Perkembangan Sosial
•Soemiarti Patmonodewo (2003), mengatakan yang dimaksud dengan perkembangan sosial adalah perkembangan tingkah laku anak dalam menyesuaikan diri dengan aturan-aturan yang berlaku di dalam masyarakat dimana anak berada.
•Muhibbin (1999), mengatakan bahwa perkembangan sosioal adalah merupakan proses pembentukan sosial self (pribadi dalam masyarakat), yakni pribadi dalam keluarga, budaya, bangsa dst.
•Hurlock(1978), mengutarakan bahwa perkembangan sosial merupakan perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial.
Tingkah laku sosialisasi adalah kemampuan berperilaku sesuai dengan norma dan nilai atau harapan sosial
Tingkah laku sosialisasi adalah  sesuatu yg dipelajari, bukan sekadar hasil dari kematangan. Artinya perkembangan sosial seorang anak diperoleh selain dari proses kematangan, juga melalui kesempatan belajar  dari respon lingkungan terhadap anak.
Diharapkan melalui kegiatan dikelas peserta didik dapat dikembangkan minat dan sikap terhadap orang lain, dan keterampilan sosial 
Tuntutan sosial pada prilaku sosial anak sangat tergantung pada harapan dan tuntutan budaya dalam masyarakat  tempat anak mengalami tumbuh kembang serta tugas perkembangannya

  Belajar Hidup Bermasyarakat  Sekurang-kurangnya  Memerlukan tiga proses (Hurlock):
1.Belajar berprilaku yg dapat diterima secara sosial. Agar peserta didik dapat diterima dalam kelompoknya, maka pesrta didik sebagai anggota kelompok harus menyesuaikan perilakunya dengan standar kelompok tsb
2.Memainkan peran sosial yg dapat diterima
3.Perkembangan sikap sosial: Peserta didik harus menyukai orang atau terlibat dalam aktivitas sosial tertentu.

(Peserta didik dapat melakukan sosialisasi dengan baik apabila sikap dan tingkah lakunya mencerminkan ketiga proses tsb)

Tahap tahap Perkembangan Sosial

Kemampuan sosial berproses dalam lingkungan sejak bayi sampai akhir hayat, sebagai berikut:

1.Masa bayi: Hubungan sosial dimulai dengan tangisan pertama, setelah lahir. Pada saat ini kemampuan sosial bayi masih potensial, belum mampu mengkomunikasikan kebutuhannya dan respon bayi direka-reka oleh ibunya. Dia memahami objek sekitarnya melalui sensori dan aktivitas motor atau gerakannya. Setelah dia mampu berjalan dia dapat memanipulasi benda-benda , mulailah dia memanipulasi objek-objek diluar dirinya. Pada tahapan tsb dia meniru tingkah laku orag lain. Dan dia dapat meniru tingkah laku orang /binatang sementara model itu sudah tidak tampak lagi

2.Masa Anak Anak  awal dan Anak Pra sekolah

-Pada awal perkembangan anak, mereka lebih menjalin hubungan timbal balik dengan orang-orang yg mengasuhnya,  Kepribadian orang terdekat akan mempengaruhi perkembangan baik sosial maupun emosional

-Perkembangan sosial pada awalnya bersikap memusat pada diri (egosentris), dan sikap raja lingkungan (3-5 th)

-Kemudian sikap egosentris berkurang, mucul perilaku altruistik, Anak menarik perhatian sekitar.diikuti upaya mencari persahabatan. Sikap malu-malu dan rasa takut berubah jadi berani berhubungan dengan teman dan orang yg lebih besar.


Ciri-ciri sosial anak pra sekolah

1.Umumnya mereka memiliki satu atau dua teman
2.Kelompok bermainnya cendrung kecil
3.Anak yg lebih muda sering kali bermain bersebelahan dengan anak yg lebih besar
4.Bermain soliter(bermain sendiri dengan menggunakan alat)
5.Tingkah laku onlooker,menghabisi waktu dengan mengamati
6.Bermain paraler
7.Bermain asosiatif
8.Bermain kooperatif

3. masa kanak-kanak akhir

Karateristik aspek sosial: Selama tahun-tahun sekolah dasar, aspek sosial dan pemahaman dirinya  juga meningkat. Mereka sering menjadikan kelompok kelompok sosial sebagai acuan dalam deskripsi diri mereka. Pemahaman diri anak SD juga mengacu pada perbandingan sosial, pada saat ini anak cendrung membedakan diri mereka dengan orang lain secara komperatif
•Interaksi teman sebaya pada priode akhir ini terjadi dalam grup atau kelompok. Pada ssat ini anak tidak lagi bermain sendirian di rumah. Karena anak ingin diterima sebagai anggota kelompok
•Pada masa pertengahan akhir anak mulai mengembangan suatu penilaian terhadap orang lain
Disamping keluarga dan teman sebaya, sekolah juga mempunyai pengaruh yang sangat penting bagi perkembangan,sosial anak,  melalui tugas dan mematuhi sejumlah aturan yg menegaskan dan membatasi perilaku, perasaan dan sikap peka. (Stantrock 1995)
Interaksi dengan teman dan guru di sekolah memberikan suatu peluang yang besar bagi anak-anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan keterampilan sosial

4. Masa Remaja

Masa ini ditandai dg perubahan-perubahan kognisi sosial . Kognisi sosial ialah kemampuan berfikir secara kritis tentang isu-isu dalam hubungan sosial, yang berguna untuk memahami orang lain dan menentukan bagaimana melakukan interaksi dengan mereka.
Salah satu bagian penting dari perkembangan aspek kognisi sosial  masa remaja ialah  egosentris, yakni kecendrungan menerima dunia dan drinya sendiri dari perspektif mereka sendiri dan perilaku manarik perhatian, umum terjadi pada masa ini.
Menurut David Elkind(1976), egosentris remaja dikelompokan jadi dua bentuk pemikiran sosial yaitu: penonton khayalan (imaginary audience) dan dongeng pribadi (the personal fablle)dlm arti orang lain memperhatikan dirinya sebagaimana mereka memperhatikan dirinya sendiri

Faktor –faktor yg Mempengaruhi Perkembangan Sosial Peserta Didik
1.Kesempatan dan waktu untuk bersosialisasi
2.Kemampuan berkomunikasi dengan kata-kata yg dapat dimengerti orang lain
3.Motivasi peserta didik untuk mau belajar bersosialisasi
4.Metode belajar efektif dan bimbingan bersosialisasi

Upaya Optimalisasi Perkembangan Sosial 
1.Meningkatkan pengalaman sosial awal yang sehat secara psikososial melalui peranan keluarga, kelompok dan permainan  Karena pengalaman awal cukup menetap. Sikap sosial yg terbentuk pada masa ini sulit diubah dibandingkan prilaku sosialnya.
2.Perkembangan sosial pada masa kanak-kanak akhir tampak pada pola prilaku kerjasama, persaingan, kemurahan hati, simpati, empati ramah dll. Kompetensi sosial yang perlu dilatihkan pada saat ini: 1. empati, 2 berbagi, 3 berperilaku prososial, 4 perhatian terhadap orang lain,5  mengajarkan nilai-nilai kerjasama, 56persahabatan, 7 hidup dalam kelompok sosial
3.Perkembangan sosial pada masa remaja awal terganggu karena adanya perubahan fisik seksual yg pesat, sehingga anak cendrung menarik diri, terjadi kemunduran minat untnk bermain, cendrung anti sosial. Untuk itu orang tua ,guru dan orang dewasa perlu memahami perilaku tersebut agar anak tidak menjadi pemberontak atau penentang bahkan antisosial.