Selasa, 13 Desember 2011

Di postingan kali ini, saya akan cerita sedikit tentang e-ktp.

Mungkin untuk sebagian orang di Indonesia sudah pada tahu tentang e-ktp. Walau tidak menutup kemungkinan ada juga daerah-daerah yang belum terjamah prosedur baru dari pemerintah ini.


Dimulai dari definisi saya dulu yaa ... jadi setelah mengalami pendataan e-ktp tersebut, saya narik sedikit kesimpulan ngawur aja. Jadi dengan e-ktp, tiap-tiap jiwa/penduduk akan mempunyai data pribadi yang gak akan bisa dimanipulasi. Karena, pengambilan data pribadi yang sangat amat pribadi gak cuma berasal dari tanda tangan, foto, cap 3 jari, and daftar alamat. Tapi di e-ktp ini, pengambilan data juga berasal dari foto scan mata, cap 10 jari, tanda tangan, dan foto.

Nih alat-alatnya
1.  yang dibawah ini buat sidik 10 jari.
pertama tuh 8 jari selain ibu jempol ditempel diatas alat ini,
terus baru deh 2 ibu jempol ditempel



2. alat yang dibawah ini buat membubuhkan tanda tangan kita.
jadi sistemnya tanda tangan elektrik gitu ..

 



3. lalu alat yang dibawah, fungsinya buat foto scan mata. nanti hasilnya langsung muncul di komputer petugas E-KTP nya..


dan inilah penampakan E-ktp itu. semacam ditambahin chip yang isinya data-data yang sudah kita input

segini aja postingan kali ini, minta maaf juga kalo selama posting ada kalimat-kalimat yang tidak enak atau tidak pantas untuk dibaca! ^____^

and untuk kalian yang belum di'undang' untuk pembuatan E-ktp, bersabar aja yaa,, maklum pasti dari berbagai pihak akan ditemui berbagai kendala. Entah pendistribusian, SDM-nya, alat-alatnya. 

see yaa :)

Minggu, 11 Desember 2011

semester 3 ini makin ga jelas juntrungannya.

ambisi awal ketika masuk dunia perkuliahan, dulu penuh dengan cerita-cerita silau atas nama 'eksis di organisasi-organisasi mahasiswa'

yuppp ... entah kenapa, ambisi itu mulai terkikis, mulai desperate dan idealisme itupun lenyap.

semacam titik jenuh pada dunia organisasi yang harus dimiliki orang-orang(yang dulu saya pikir) punya loyalitas tinggi terhadap kepentingan orang banyak, namun semakin dijalanin dan semakin diikuti ternyata ga sedikit juga orang-orang yang punya kepentingan lain untuk dirinya sendiri.

ini bikin saya jadi rada jengah dan yupp bosan!

dan ini juga yang bikin saya ga se-total dulu.
saya pikir toh buat apa juga???

walau saya ga akan munafik atau menampik, betapa banyak keuntungan dan pelajaran yang saya bisa ambil. Thaks a lot for that.

Tapi .. untuk sekarang, inilah mungkin sisi lain dari saya.
yang pasti sekarang, mulai konsentrasi kepada perkuliahan namun tetap punya kontribusi walau sedikit di dunia-dunia 'itu'.
Munkin itu yang terbaik juga buat saya sekarang.

ini pendapat saya, NO OFFENSE ^____^

Sabtu, 10 Desember 2011

Konsep Pembelajaran Kognitif


Disusun Untuk Memenuhi Tugas Ujian Tengah Semester  Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran








Disusun Oleh :

Naila Saadah  (1110013000091)
PBSI/ 3.c



JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2011
Jelaskan yang anda ketahui tentang materi kognitif :
    1. fakta
    2. konsep
    3. prinsip
    4. prosedur

·         Kognitif adalah sebuah istilah yang digunakan oleh psikolog untuk menjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pikiran, ingatan, dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan, memecahkan masalah, dan merencanakan masa depan, atau semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari, memperhatikan, mengamati, membayangkan, memperkirakan, menilai, dan memikirkan lingkungannya. Belajar kognitif ciri khasnya terletak dalam belajar memperoleh dan mempergunakan bentuk-bentuk reppresentatif yang mewakili obyek-obyek itu di representasikan atau di hadirkan dalam diri seseorang melalui tanggapan, gagasan atau lambang, yang semuanya merupakan sesuatu yang bersifat mental

Pengertian Konsep dalam Materi Kognitif

v  Menurut Jean Piaget, seorang psikolog Swiss yang hidup tahun 1896-1980. Teorinya memberikan banyak konsep utama dalam lapangan psikologi perkembangan dan berpengaruh terhadap perkembangan konsep kecerdasan, yang bagi Piaget, berarti kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata (skema) tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental.


v  Menurut Reigeluth, (1987 : 98) konsep adalah sekelompok objek atau peristiwa atau simbol yang memiliki karakteristik umum yang sama dan diidentifikasi dengan nama yang sama, misal konsep tentang manusia, hari akhir, surga dan neraka. Materi konsnep berupa pengertian, definisi, hakikat inti isi.

v  Menurut buku yang berjudul “Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester” karya Drs. Slameto, (1991 : 135) pengertian konsep dalam pembelajaran kognitif, yaitu: pada waktu orang belajar nama-nama atau perkataan-perkataan, ia mengasosiasikan perkataan-perkataan itu dengan obyek-obyek atau peristiwa-peristiwa. Dengan demikian perkataan-perkataan itu menunjukkan konsep yang dimilikinya. Perkataan dan konsep itu berhubungan erat sekali. Perkataan menunjuk pada konsep tertentu dan sebaliknya pengalaman tentang konsep tertentu menimbulkan perkataan yang sesuai.
Informasi yang sama yang diperoleh mengenai benda-benda, sifat-sifat, peristiwa-peristiwa menghasilkan diperolehnya konsep-konsep yang sama (mempunyai makna denotatif).

Ada empat dasar untuk mendefinisikan perkataan yang menunjukkan konsep yaitu berdasarkan :
           
  1. Sifat-sifat yang dapat diukur dan diamati, (misal: nanas dan melon adalah buah-buahan yang sama-sama memiliki rasa manis serta segar, tetapi berbeda bentuk, besarnya, kulitnya).
  2. Sinonim, antonym, dan makna semantik lainnya (misal: “sopan” diartikan sebagai beradab, baik budi bahasanya, baik kelakuannya, tidak kasar, tidak lacur, dan tidak cabul).
  3. Hubungan-hubungan logis dan aksioma/ definisi dari sudut ini tidak secara langsung menunjiuk sifat-sifat tertentu (misalnya: garis lurus dibatasi sebagai jarak terdekat antara dua titik).
  4. Manfaat dan gunanya (misal: penghapus untuk menghapus , sapu untuk menyapu).

Siswa-siswa SD kelas rendah banyak menggunakan definisi dari segi manfaat dan gunanya, tetapi siswa-siswa di kelas yang lebih tinggi dan orang dewasa menggunakan tiga macam definisi yang lain lebih banyak dari segi manfaat dan gunanya.

Definisi konsep terdiri dari segi tiga sifat (atribut), yaitu : makna psikologis, stuktur, dan transferabilitas.
Makna psikologis yaitu konsep yang sesuai dengan makna konotatif. Sesuai dengan bertambahnya pengalaman dan pengetahuan siswa, konsep yang dimilikinya tentang sesuatu itu selalu berubah .
Stuktur, ada 4 hal yang termasuk dalam sturktur, yaitu:  sifat-sifat, aturan, untuk menggabungkan sifat-sifat itu, hirarki, dan contoh atau wujud konsep.
Transferabilitas, apabila sebuah konsep telah dikuasai siswa, ada empat kemungkinan untuk menggunakannnya di dalam situasi-situasi lain (atau ditransnferkan dalam situasi lain), yaitu:
1.      siswa dapat menggolongkan apakah contoh konsep yang dihadapi sekarang termasuk dalam golongan konsep yang sama ataukah dalam golongan konsep yang lain.
2.      siswa dapat mengenal konsep lain dalam hubungan superordinat, koordinat atau subordinat.
3.      siswa dapat menggunakan konsep tersebut untuk membentuk dan mengerti prinsip dan dalam memecahkan masalah.
4.      penguasaan suatu konsepmemudahkan siswa untuk mempelajari konsep-konsep lain.




DAFTAR PUSTAKA

Abdul, Majid. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2006.
Slameto. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta: Bumi Aksara. 1991.
Gleder, Margaret E Bell. Belajar Dan Membelajarkan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 1992.

Jumat, 09 Desember 2011

hey ... its saturday ...



menanggapi berita Headline News tadi pagi,  tentang gosip Angelina Sondakh yang lumayan menggetarkan hati Umi saya.
Kisah cinta Angelina dengan salah satu penyidik KPK.

yeahh.. my mom very Love her. lets talk about Anggi's husband. alm. Adjie Massaid.

Umi kagum banget atas ketegaran Anggi ngadepin itu semua. 
mulai dari meninggalnya sang suami yang umur pernikahan mereka pun belum sampe 3tahun. lalu dilanjut dengan tuduhan korupsi Nazaruddin terkait dengan korupsi wisma atlet, dan terakhir yah itu tadi kisah cinta baru Anggi dengan salah satu penyidik KPK 

(apal bgt dah saya soal gosip ini -____- dont ask me why)

Nah, berhubung kita( saya and Mom) nonton gosip yang ada Presenternya, jadi bikin saya ingat kemarin temen ada yang cerita tentang presenter-presenter tersebut.

kata-katanya sihh, kata dia lho, beneran bukan saya *takut tertuduh*
temen said kalo presenter-presenter wanitanya, kalo mau panjang kontraknya harus mau tidur ama salah satu orang berpengaruh di Stasiun TV tersebut. 
saya kasih inisial WT aja biar gampang... *bukan inisial sebenarnya lhooo.. beneran dah bukan yang suka wara wiri di twitter, BUKAN!* 

jadi lanjut ke WT itu, dulu ada yang pernah nge.ekspos si WT- walo dia salah satu orang yang berpengaruh di stasiun TV tersebut dan dia juga bukan orang yang tentunya berada di kalangan bawah. and Everybody Knew him. 
(dan saya yakin orang-orang di stasiun TV tersebut pasti udah tau tentang gosip itu),- isti sah dari WT tinggalnya ngontrak???
hellooww ... saya yakin hal yang mudah bagi WT membeli rumah yang miliaran.

dan ini merupakan kejanggalan aja buat saya.
Lalu Mom menumpahkan wejangannya.

"Makanya teh, cari suami tuh rada-rada susah and gampang".
"bisa aja WT beli rumah, tapi tentunya lelaki macam itu yang ngabisin uangnya buat kencan and jajan di luar"

whoossaaahhh ....semacam kengerian tersendiri, gak terbayang kisah-kisah di sinetron bakal terjadi di kehidupan nyata dan amit-amit di kehidupan saya!

ITS BIG NO !!!

and saya yakin dan amat meyakini, bahwa akhir dari sebuah pernikahan adalah yang bisa membawa kita ke surga kelak.
dan saya pun ga akan punya ambisi untuk selain itu.

its become awarness for my self. ga mau kan kalo separuh hidup kamu dihabisin dengan orang yang salah???

its also make me wanna become a good woman for get a good man.

COME ON girls, apalagi untuk yang muslimah ... mulai berbenah yukk ??

Bismillah for everything ^___^ 


 

Senin, 05 Desember 2011

kisah yang semoga berakhir dengan kebahagiaan

kisah ini akan panjang ceritanya ... di awal memang sudah berliku.

sering terpikir apakah salah keputusan yang aku buat waktu itu.

dan kadang ketika keputusasaan itu datang, aku pikir jalan terbaik adalah melepaskannya.

tapi, aku memilih untuk bertahan, walau seberapa sulit jalan yang akan  menerjal.
karena, ku yakin bahagia nanti di akhir cerita.


Kamis, 01 Desember 2011

hei  ITS DECEMBER ! ^___^

its alreday the end month of this year, 
 whats your #DecemberWIsh ? 

yupz, pasti tiap-tiap orang (intinya) punya keinginan untuk jadi lebih baik.

hal yg sama juga apa yg saya inginkan.


so, DO YOUR BEST kawaaannnnnn :)